Hi

Welcome To Anak SMP Blog

ini hanya sekedar Blog Anak SMP
harap maklum yaaa
Let's Go Blog

LAPOR BALIK, GURU DASRUL TERANCAM JADI TERSANGKA KARENA DUGAAN PENGANIAYAAN SISWA

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua

sinarberita.com - Kasus pengeroyokan guru beberapa hari yang lalu masih terus bergulir dan menjadi topik berita yang paling banyak dipublikasikan oleh media-media pemberitaan online. Seperti apa akhirnya...? kita tunggu saja proses hukumnya.

Terkait laporan penganiayaan MA (15), Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar masih menunggu kondisi guru Dasrul (52) membaik pasca-operasi hidung akibat dikeroyok MA dan orangtuanya, Adnan Achmad (43).


Plt Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polrestabes Makassar, Komisaris Polisi (Kompol) Musbagh Niam saat ditemui di kantornya, Senin (15/8/2016), mengatakan, pihaknya belum bisa menetapkan guru Dasrul sebagai tersangka. Sebab, guru Dasrul masih dirawat di RS Bhayangkara, Makassar, setelah dikeroyok seorang siswa dan orangtuanya.

Selain itu, kata Niam, pihaknya juga masih menyelidiki kasus laporan dugaan penganiayaan siswa oleh gurunya.

Namun berdasarkan kejadian serupa di Jawa Barat, ada yurisprudensi yang dikeluarkan Mahkamah Agung (MA) bahwa guru tidak bisa dipidana saat menjalankan profesinya dan melakukan tindakan pendisiplinan siswa. Hal itu diputuskan pada perkara guru SD Aop Saopudin (31) di Majalengka, Jawa Barat.

"Kita belum dapat juga itu yurisprudensi tentang guru. Jelas kita tetap akan proses laporan siswa yang melapor dianiaya. Sudah ada visum dan kita juga sudah periksa saksi-saksi. Jadi bisa guru yang diperiksa sebagai terlapor," kata Niam.

Setelah guru diperiksa, tutur Niam, pihaknya terlebih dulu melakukan gelar perkara kasus tersebut.

"Kita belum bisa tetapkan guru sebagai tersangka, karena kita masih akan gelar perkara. Nantilah kita lihat setelah gelar perkara," tegasnya.

Saat ditanya soal Yurisprudensi guru yang bertentangan dengan Undang-undang Perlindungan Anak, Niam belum bisa berkomentar. Sebab, masing-masing ada poin dalam aturan tersebut.

Niam mengatakan, untuk perkara siswa MA dan orangtuanya, Adnan Achmad, sebagai tersangka pengeroyokan, pihaknya masih melakukan pemberkasan dan segera melimpahkannya ke kejaksaan untuk dilanjutkan ke persidangan.

"Kita punya batas 15 hari penahanan anak. Makanya kita kejar pemberkasan. Kita kenakan siswa MA dengan pasal 170 tentang pengeroyokan dan dikenakan undang-undang perlindungan anak," katanya.

Saat ditanya ancaman hukuman terhadap MA, Niam mengungkapkan kemungkinan hanya hukuman percobaan. Pasal 170 ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara, jika dijuntokan dengan undang-undang perlindungan anak, maka dikenakan setengah hukuman dari yang putusan hakim.

"Kita saja tahan MA di ruangan khusus di Polrestabes. Jadi kalau dia dijatuhi hukuman oleh hakim, jelas juga disiapkan tahanan khusus. Tidak boleh dia dicampur dengan tahanan orang dewasa. Paling dia kemungkinan dikenakan hukuman percobaan. Tapi kita lihat saja putusan hakim nantinya. Tapi kalau saya sih, lebih bagusnya damai. Itu pun tergantung dari kedua bela pihak," tambahnya.

Baca juga berita lainya :
Sebelumnya telah diberitakan, guru Dasrul dikeroyok seorang siswa, MA (15) dan orang tuanya, Adnan Achmad (43) saat proses belajar berlangsung, Rabu (10/8/2016).

Akibat penganiayaan itu, Dasrul mengalami luka-luka memar di wajahnya dan mulut serta hidungnya mengeluarkan darah.

Dasrul pun melaporkan peristiwa yang menimpa dirinya kepada Polsekta Tamalate. Demikian pula dengan MA, dia melapor balik Dasrul terkait penganiayaan setelah ia dan ayahnya ditahan polisi.
(Sumber : kompas)

Demikian berita seputar kasus pemukulan guru yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

Share this:

ABOUTANAk SMP

Hello Friend Blogger everything, nice to know you. It is simply Blog CHILDREN junior high school, please Understandably still Caca Ruca. Visits on Friends All pronounced Thank Much...

Loading...

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment