Hi

Welcome To Anak SMP Blog

ini hanya sekedar Blog Anak SMP
harap maklum yaaa
Let's Go Blog

Cara Mencetak/ Membuat ID Card Menggunakan Kertas PVC

Ok, kali saya akan membahas cara membuat ID Card PVC.
ID Card ini berbeda dengan ID Card biasa yang biasanya dibungkus plastik atau kadang ada yang dilaminating. ID Card bahan PVC ini lebih mirip ATM Bank, lebih tebal dan kuat serta lebih tahan lama karena menggunakan tinta khusus. ( Jangan menggunakan tinta dye base, Anda bisa menggunakan Tinta INK Pigment atau INX Artpaper Photographic agar hasilnya lebih bagus dan tahan lebih lama karena Tinta inx di formulasi sama atau setara dengan tinta original). Untuk saat ini printer yang direkomendasikan menggunakan tinta INX Pigmen/INX Artpaper adalah printer merk Epson. ( T13/L110/L210/L300/R230/R1390/R200/L800/T1100) dan Canon
Apa saja yang diperlukan dalam menyiapkan pembuatan ID Card PVC?
  1.  Komputer, berguna untuk mendesain. ( corel / photo shop )
  2.  Printer dengan tinta Pigment / Artpaper )
  3.  Kertas PVC, terdiri dari 2 lembar yang bisa diprint dan satu lembar PVC kaku (  Sekarang   ada banyak variasi kertas, Putih, Emas dan Silver )
  4.  Laminator, untuk melengketkan hasil cetak ke PVC. (Gunakan panas minimal 150°C )
  5.  Mesin Plong ID Card, untuk memotong/plong menjadi ID Card
  6.  Pemotong kertas ( bisa dengan cutter ), untuk memotong PVC sesuai kebutuhan
  7.  Tang plong ID Card, untuk membuat lubang pada ID Card sebagai tempat jepit.
Langkah -2 membuat ID Card PVC :
  • Silakan Anda desain ID Card di komputer menggunakan Corel Draw atau Photoshop dengan ukuran 5,4 x 8,6 cm. Posisi (portrait atau landscape) bisa Anda sesuaikan tergantung kebutuhan.
  • Anda set mirror (Epson) & Transfer T-Shirt (Canon) untuk mencetak di printer atau cetak terbalik ( kualitas Photo ).
  • Siapkan bahan/kertas PVC (bukan PVC kaku) masukkan ke printer, jangan sampai terbalik. Bagian yang di print adalah bagian yang tidak ada lapisan pelindungnya. ( atau yang halus).
  • Setelah Anda print tunggu hasil kering dahulu kira-kira 2 menit ( INX PIGMENT ) 3 menit ( INX ARTPAPER ) agar aman dan yakin 100% sudah kering.
  • Tempelkan Kedua kertas yang Anda prin tadi (bagian halus yang direkatkan) dengan PVC yang tebal, buka penutup plastiknya dulu.
  • Set suhu laminator menjadi 150 derajat, apabila panas laminator sudah tercapai maka masukkan ID Card PVC yang sudah dilengketkan tadi, kemudian Anda dinginkan dulu -+ 1-2 Menit.
  • Potong menjadi 2 bagian dengan pemotong kertas / Cutter.
  • Ambil mesin plong ID Card dan plong ID Card yang sudah Anda potong tadi. 
  • Selesai

Share this:

ABOUTANAk SMP

Hello Friend Blogger everything, nice to know you. It is simply Blog CHILDREN junior high school, please Understandably still Caca Ruca. Visits on Friends All pronounced Thank Much...

Loading...

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment